Fotografi Apa Sih?

Saat pertama kita ingin belajar fotografi pasti akan bingung harus mulai dari mana? Langsung beli kamera DSLR, lensa, asesoris foto dan alat penunjang lain yang banyak jenis, merk dan mahal harganya padahal gunanya apa dan bagaimana cara pakainya aja belum bisa. Tak usah bingung mari kita belajar dulu dari awal. 

Apakah itu Fotografi?

Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu “photos” : Cahaya dan “Grafo” : Melukis/menulis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat. 

Dari mana saya harus mulai?

Ya pertanyaan sama yang dialami setiap orang yang ingin mulai belajar memotret, hal ini juga yang terjadi pada saya saat awal mempelajari fotografi. Kalo untuk saya pribadi belajar yang paling efektif adalah memanfaatkan apa yang ada. Ya gunakan apa yang ada alias apa yang kita punya. Belajar bisa dimulai dengan menggunakan kamera HP, Pocket kamera atau kamera apapun, asal ada kemauan pasti ada jalan. Banyak sekali tutorial online di internet, buku mengenai fotografi, tempat kursus fotografi atau bisa saja magang di fotografer yang sudah senior dan bisa juga ikut komunitas fotografi agar menemukan banyak teman di minat yang sama.

Sebelum kita mulai belajar ada baiknya kita mempelajari jenis-jenis kamera. Belajar foto saya bagi menjadi 2 bagian yakni : Tehnik menggunakan kamera dan Komposisi fotografi. Kenapa di bedakan? biar lebih fokus dan mudah dalam mengingat.


Tehnik menggunakan kamera pada intinya adalah bagaimana kamera tersebut bekerja dan alat-alat pendukungnya. Rumus dasar kamera bekerja dan serba-serbi mengenai kamera. Di sini kita juga harus mengenal jenis-jenis kamera yang ada beserta kelebihannya masing-masing

Sedangkan komposisi fotografi adalah prinsip dasar atau aturan dasar komposisi agar kita bisa menghasilkan foto yang menarik dan bagus. Komposisi dalam foto sama pentingnya dengan kemampuan tehnik penggunaan kamera karena kita bisa saja mempunyai konsep yang matang tapi kalo tehnik untuk eksekusi jelek maka hasilnya juga tidak akan maksimal.

Jadi kita tetap harus belajar 2 hal tersebut karena saling berkaitan, so jangan mudah menyerah ya!

Fotografi itu menyenangkan dan fotografi juga tidak harus mahal. Berfokuslah pada proses dan nikmati proses belajar tersebut maka hasilnya juga akan luar biasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s