Mengenal Desain Grafis

Desain Grafis atau biasa Desain Komunikasi Visual merupakan profesi yang sedang menjadi primadona baru di dunia kerja. Seiring dengan berkembangnya teknologi membuat kebutuhan akan tenaga ahli di bidang desain grafis meningkat. Hal ini membuat kita melirik profesi ini, dan mulai bertanya darimana saya harus belajar desain grafis ini?

Apakah Desain Grafis itu?

Desain grafis adalah seni berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian desain grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.

Desain grafis semula hanya di gunakan dalam dunia percetakan atau terfokus pada penerbitan majalah, buku, koran dan media cetak lainnya. Semakin berkembangnya teknologi muncul sarana-sarana komunikasi baru yang makin dinamis sehingga desain grafis ikut berkembang mengikuti kebutuhan pasar. Desain grafis saat ini menempati segmen yang sangat luas.

Aplikasi yang digunakan?

Aplikasi atau software yang digunakan dalam desain grafis ada banyak sekali. Tapi secara garis besar aplikasi tersebut dibagi menjadi 3 macam saja. Aplikasi berbasis vector, aplikasi berbasis pixel dan dekstop publishing software. Aplikasi berbasis vector antara lain adobe illustrator, freehand, coreldraw dll. Aplikasi berbasis pixel antara lain adobe photoshop, corel photopaint dll. Sedangkan desktop publishing software biasanya digunakan untuk layout desain dengan halaman yang panjang (buku, majalah, koran dll) software yang familiar di desainer grafis adalah adobe indesign.

Peluang kerja/usaha desain grafis

Peluang kerja yang paling utama ada di dunia percetakan dimana desainer yang menarik yang menjadi ujung tombak dari usaha ini. Banyak juga kantor/industri yang membutuhkan jasa seorang desainer grafis untuk membuat desain kemasan produk mereka atau membuat portfolio usaha. Saat ini di Indonesia juga sudah mulai berkembang dunia freelance desain grafis alias pekerja lepas yang bisa di sewa dengan model bayar per project. Makin berkembangnya teknologi makin memberikan kesempatan kepada desainer-desainer untuk melebarkan sayap dengan mencari income tambahan lewat jalur freelance. Atau mungkin anda berminat untuk menjadi seorang freelance desainer karena belum banyak orang yang melirik profesi ini jadi kesempatan masih terbuka lebar.

Advertisements

One thought on “Mengenal Desain Grafis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s