Vector vs Bitmap

Dalam dunia desain dikenal 2 istilah Grafik Bitmap dan Grafik Vector. Apakah maksud dari kedua grafik ini?

Apakah itu Grafik Bitmap?

Grafik Bitmap adalah gambar yang terdiri dari dot (titik) dalam sebuah pixel. Pixel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inchi. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris “Picture Element” yang disingkat menjadi pixel. Atau dengan bahasa yang lebih mudah dipahami pixel adalah banyaknya dot/titik per inchi gambar. Padatnya titik dalam sebuah gambar biasa disebut dengan resolusi. Kunci utama dari kualitas sebuah gambar adalah resolusi, apabila gambar mempunyai resolusi tinggi maka gambar tersebut bisa diperbesar tanpa membuat gambar menjadi pecah, sebaliknya apabila resolusi kecil maka gambar akan terlihat pecah.

Hal ini yang menjadi sebuah keterbatasan untuk penggunakan aplikasi ini, perbesaran ukuran dimensi gambar terbatas. Apabila dipaksakan maka hasil dari gambar yang kita perbesar itu akan tampak pecah. Pecah pada gambar ini disebabkan karena titik (pixel) yang ada pada gambar menjadi renggang.

Aplikasi berbasis bitmap ini banyak disukai karena banyak memiliki feature/effect tambahan yang bisa digunakan untuk editing foto. Selain untuk editing foto banyak juga yang menggunakan aplikasi ini untuk pemrosesan digital imaging, digital painting dan kebutuhan editing yang lainnya.

Software berbasis bitmap ini yang paling mudah kita jumpai adalah software untuk editing foto seperti Lightroom, Photoshop, Corel Photopaint dll. Software ini dalam desain digunakan sebagai alat untuk editing gambar meskipun bisa digunakan juga untuk membuat sebuah design tapi akan ada keterbatasan pada final artwork nantinya terutama untuk desain yang akan dicetak.

Untuk belajar atau mendalami aplikasi ini bisa dilakukan secara otodidak karena saat ini tidak susah untuk menemukan tutorial photoshop secara online, dan buku tutorial pun banyak tersedia di toko buku.

Contoh Hasil Digital Imaging menggunakan Photoshop

Apakah Itu Grafik Vector?

Grafik Vector adalah gambar yang terdiri dari garis-garis dengan alogaritma matematika sehingga tidak akan merubah kualitas gambar saat ada perubahan ukuran baik itu pembesaran atau pengecilan ukuran gambar. Banyak desainer menggunakan aplikasi ini terutama untuk pembuatan desain logo karena lebih fleksibel dalam perubahan ukuran dan banyak kelebihan lainnya.

Software ini cukup mudah kita jumpai yang paling terkenal adalah Corel Draw dan Adobe Illustrator. Mungkin bagi orang yang baru belajar desain software ini terkesan lebih ribet/susah dibandingkan dengan photoshop dan aplikasi bitmap lainnya. Karena menu yang dipakai lebih condong ke arah pembuatan desain secara manual alias minim dengan effect dan filter tambahan. Tapi kalo anda mau mencari tahu lebih dalam mengenai aplikasi ini anda akan menemukan keasyikan sendiri dengan apa yang bisa dilakukannya. Silahkan anda coba search di google atau yahoo dengan keyword vector art maka anda akan menemukan contoh karya yang luar biasa dari software ini.

Contoh Ilustrasi Menggunakan Vector

Kesimpulan sederhana dari 2 aplikasi ini adalah :

Bitmap adalah gambar yang menggunakan satuan kepadatan pixel yang biasa disebut dengan resolusi. Semakin besar ukuran resolusi gambar maka semakin bagus kualitas gambar tersebut dan bisa diperbesar dengan kualitas yang masih baik

Vector adalah gambar yang tersusun dari garis dengan alogaritma matematika sehingga bisa diperbesar sampai ukuran yang di inginkan tanpa merubah kualitas gambar tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s